Sabtu, 13 Juli 2019

Laptop Bekas Lenovo Thinkpad x240


Untuk urusan komputasi njlimet seperti algoritma machine learning, computer vision yang membutuhkan kinerja cukup boros seperti penggunaan prosesor serta membaca data-data  besar dalam storage, maka penulis sudah agak bosan menggunakan laptop dengan spesifikasi rendah, akan tetapi cost buat beli laptop yang bagusan dikit, belum cukup.
Hem… mau tidak mau, harus beli laptop bekas donk, setelah cari info sana sini, ada nih laptop bekas yang sangat baik sesuai dengan hal diatas yaitu
  1. Processor  bagus serta
  2. Storage bertipe SSD, dan
  3. RAM yang cukup besar
Tersebutlah merk Lenovo thinkpad x240 dengan spesifikasi berikut

Storage bertipe SSD kapasitas 180 GB, RAM 8 GB, Prosesor Core i5 generasi 4, ya cukup sekali buat uji algoritma yang njlimet, dengan harga dengan kisaran 3 jutaan – 4 jutaan sesuai spefisikasi. Laptop bekas ini pada saat release pada tahun 2015 cukup mehong yaitu 14 jutaan. Sekarang setelah 4 tahun berselang (tahun 2019) harganya cukup miring, daripada beli laptop baru seharga 9-10 jutaan dengan spesifikasi yang hampir sama!

Gara-gara nya penulis banyak melakukan tunning algoritma yang menguras waktu, bayangkan saja 1 kali ujicoba butuh waktu 10 – 12 menit, padahal dibutuhkan 20 kali ulangan sehingga butuh 10 menit x 20 kali = 200 menit atau sekitar 3.3 jam, itu cukup lama sekali dan bikin stress buat ditungguin. Serta algoritma tersebut harus load/membaca file yang banyak sekali.

Sebenarnya sih bisa dilakukan menggunakan Teknik pararel komputasi karena algoritma tersebut bukan bersifat seri alias pararel seharusnya sih tinggal tiap iterasi ‘dilempar’ ke masing-masing thread, tapi hal ini belum penulis pahami untuk bahasa tersebut.

Suatu saat kalau ada uang lebih bisa beli computer desktop yang full spesifikasinya, karena makin hari algoritma machine learning serta deep learning sangat boros komputasinya.

Semoga dengan adanya laptop ini, makin cepat melakukan komputasinya agar bisa disajikan ke klien, makin betah buat nulis buku lagi

Kamu bisa beli disini https://www.tokopedia.com/datangjualbeli/lenovo-notebook-laptop-thinkpad-x240-i5-8gb-ram-120gb-ssd

Tidak ada komentar: