Friday, April 24, 2015

Aplikasi Berbasis GUI dengan python dan PyQt

Dominasi matlab dalam ranah image processing seolah-olah mengalahkan beragam tools yang ada, bagi pemula atau mau terjun riset kedalam bidang image processing akan merujuk ke matlab selain dengan function built in yang sangat banyak juga dokumentasi yang sangat baik juga sifat dari bahasa tersebut yang dikategorikan sebagai bahasa functional!
Kamu yang biasa menggunakan bahasa imperativ akan terkejut dengan mudah dan simple nya menggunakan bahasa functional dalam mengembangkan sebuah algoritma!
OpenCV dengan C/C++ nya lumayan bikin pusing bagi pemula! Apalagi dengan seabgreg ciri bahasa imperativ yang strong! Berbanding terbalik dengan matlab!
Penulis seringkali menawarkan daripada menggunakan opencv + IDE (yang sesuai selera) lebih baik menggunakan matlab! akan tetapi seringkali matlab itu terlalu mainstream!
Sehingga matlab hanya sebagai opsi terakhir!

Python+openCV+PyQt adalah kombinasi yang menarik! Untuk membuat aplikasi berbasi GUI dengan menawarkan seabreg kehebatan function OpenCV, tampilan GUI yang menarik dari PyQt, dan functional programming dari Python, so buat kamu yang terlalu mengandalkan matlab sebagai bahasa utama! Mungkin kombinasi diatas tersebut adalah hal menarik, bukan?

Penulis sudah berangsur2 mengurangi ketergantungan matlab dengan python + numpy sebagai tools yang menarik, demo diatas adalah kasus sederhana untuk mengubah RGB ke Grayscale dengan memanfaatkan function
gray = cv2.cvtColor(I,cv2.COLOR_BGR2GRAY) #ubah ke format gray
bawaan dari opencv!
Bagaimana dengan plot??
Itu bisa diatasi dengan menggunakan matlplotlib!



No comments:

Post a Comment